Senin, 03 Januari 2011

Telematika Pada Mobile

Berdasarkan data sebanyak 70% dari total jumlah seluruh penduduk di Indonesia menggunakan perangkat seluler atau sekitar 150 juta penduduk Indonesia menggunakan perangkat seluler yang juga dapat dikatakan sebagai perangkat bergerak atau mobile devices. Kenyataan ini juga sekaligus dapat menjadi peluang untuk Institusi Pendidikan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat bergerak sebagai media yang di kenal dengan mobile learning.

Mobile learning merupakan bagian dari pembelajaran elektronik atau lebih di kenal dengan e-learning. Terkait dengan jumlah pengguna perangkat bergerak yang banyak, mobile learning dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan dalam bidang pendidikan di tingkat Sekolah Menengah pada umumnya, khususnya Sekolah Menengah Atas, terutama masalah pemerataan akses infomasi pendidikan.




Mobile devices juga bisa digunakan sebagai pendukung proses industri dan bisnis.
Mobile pertama di dunia telematika layanan yang memungkinkan ponsel untuk mengendalikan mobil dipamerkan di Auto Shanghai 2009.
SK Telecom telah meluncurkan apa yang mengklaim menjadi yang pertama bergerak di dunia telematika layanan, Mobile dalam Kendaraan berbasis layanan telekomunikasi operator MIV memungkinkan remote control kendaraan melalui ponsel.

Memperluas layanan telematika Telematika Tradisional layanan hanya menyediakan jenis layanan terbatas layanan, seperti panduan rute, informasi lokasi dan komunikasi data dengan menggabungkan jaringan nirkabel untuk mobil. Dengan MIV, telematika sekarang menawarkan teknologi telekomunikasi seluler, platform dan konten, merupakan sebuah konsep baru layanan konvergensi dimana pelanggan dapat menggunakan ponsel mereka untuk mendiagnosa dan mengendalikan mobil mereka, dan menggunakan berbagai layanan multimedia. SK Telecom menunjukkan layanan di empat bidang:

1. Diagnosis kendaraan dan kontrol
2. Keselamatan dan keamanan
3. Panduan rute
4. Jasa hiburan.

Layanan kendaraan diagnosis dan kontrol memungkinkan pengguna untuk memeriksa gigi performa mengemudi-mesin, rem dan sebagainya dan mendapatkan informasi terkait bahan bakar serta mengendalikan berbagai bagian dan komponen. Ini termasuk pintu, bagasi, lampu dan lampu belakang. Layanan keselamatan dan keamanan memungkinkan kendaraan pemantauan dan pelacakan dalam kasus pencurian. Layanan panduan rute menyediakan jalur terpendek ke tujuan didasarkan pada lalu lintas informasi real time yang disediakan melalui jaringan bergerak. Dan layanan hiburan memungkinkan pengguna untuk memutar musik atau video di dalam mobil tanpa harus mendownload mereka dari mobile handset, berkat sinkronisasi ponsel-mobil melalui jaringan nirkabel seperti divisi kode akses pita lebar ganda, jaringan area lokal nirkabel dan bluetooth.

Compatible with non-smart phones Chul Sung-Hong, wakil presiden eksekutif dan kepala divisi bisnis internet berikutnya SK Telecom mengatakan: "Selama periode satu tahun pembangunan, SK Telecom mendapatkan banyak pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan dan mengkomersialisasikan teknologi mobile telematika. Pelayanan telematika yang diberikan dalam bentuk penawaran-paket telekomunikasi teknologi mobile, platform dan isi-cukup menjanjikan".
Hal ini dapat digunakan melalui kedua ponsel pintar dan ponsel non-pintar, sehingga membuatnya sangat kompatibel dengan semua jenis dan merek mobil di seluruh dunia. Perusahaan dimasukkan ke dalam banyak usaha untuk mengembangkan layanan konvergensi antara ICT dan mobil sejak berbasis Java teknologi mobile yang disebut Telematika API (Application programming interface) untuk Java ME diakui sebagai standar global oleh Java Community Process pada Juni 2008 . Teknologi ini memungkinkan remote control kendaraan yang menggunakan teknologi telekomunikasi selular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar